Serba – Serbi Menggunakan Jilid Baut (Jilid Mur)

Bagi Anda yang tidak sering berurusan dengan dokumen dan berbagai produk cetak dan fotocopy, tentu tipe jilid yang satu ini jarang ditemukan. Jenis jilid buku ini sesuai namanya menggunakan baut atau mur untuk membuat produk cetakan. Jilid baut (jilid mur) akan digunakan saat Anda membutuhkan jilid dengan kekuatan yang kencang menahan lembaran – lembaran bukunya.

Pada jenis jilid ini, semua lembaran pada buku dan cover akan dibuat memiliki 2 atau 3 lubang dengan interval jarak yang sama satu sama lain di satu sisinya. Hal ini tentu sama dengan jilid spiral, tapi untuk merekatkan lembaran, Anda menggunakan baut yang dikencangkan dari sisi lainnya. Baut ini akan dikencangkan sampai akhirnya menjadi buku yang solid dan tidak mudah lepas lembarannya.
Karena kekuatan cengkramnya tinggi, biasanya tipe jilid ini akan digunakan untuk kebutuhan cetakan dengan bahan tebal atau hardcover. Biasanya buku yang tampil dengan jilid ini adalah buku katalog, buku menu dan juga album khusus.
Nah, jika Anda tertarik dengan jilid tipe ini, tentu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih menggunakannya. Berikut adalah bahasannya!

Membuat Buku Menjadi Awet

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah jilid ini sudah terbukti membuat buku lebih awet. Jika pada jilid berupa spiral dan lem, Anda bagian jilidnya bisa rusak dengan mudah setelah beberapa waktu. Pada spiral, gripnya bisa longgar dan buku tidak lagi solid. Pada jilid lem, tentu hal ini bisa malapuk dan buku menjadi mudah dibongkar.


Untuk jilid Jilid baut (jilid mur), gripnya akan tinggi karena terbuat dari bahan yang solid dan proses pengencangannya lebih kuat. Jadi, jika ingin jilid yang kuat dalam waktu lama walaupun sering digunakan, pastikan menggunakan tipe yang satu ini.

Baut Harus Dirawat Baik

Walaupun awet tahan lama dibandingkan jilid tipe lain, baut yang digunakan tetap harus diperhatikan. Baut yang terbuat dari besi ini tentu bisa jadi berkarat jika sering basah dan terkena oksidasi. Jika sudah begitu, noda karat akan tertransfer lembaran buku. Hal ini tentu akan mengganggu penampilan dan bahkan membuat konten buku tidak bisa dibaca karena noda.

Tidak Cocok dengan Jenis Kertas Tertentu

Karena menggunakan baut untuk mengencangkan, jilid ini akan sulit dilakukan tanpa hard cover. Bayangkan memutar baut pada permukaan kertas yang tipis. Hal ini tentu akan membuat kertas lecek dan bahkan sobek.


Jika buku Anda menggunakan kertas berbahan tipis, sangat tidak disarankan menggunakan tipe jilid ini untuk membukukannya. Pastikan sesuaikan tipe kertas dulu sebelum menjilid dengan teknik yang satu ini.
Sekian bahasan tentang Jilid baut (jilid mur) ini. Untuk itu kami selaku penyedia jasa dan pengusaha di bidang percetakan, penjilidan dan fotocopy yaitu Nada Rawamangun Jakarta sebagai satu keahlian juga adalah penjilidan buku yaitu dengan hasil penjilidan buku yang kami yakin Anda akan puas dengan hasil kerja kami. Anda bisa langsung lihat di workshop kami atau datang langsung ke toko kami.


Untuk itu dari berbagai jenis penjilidan buku maka jili mur atau jilid baut ini kalau dilihat dari segi kekuatan maka jilid ini lebih cocok untuk dokumen-dokumen yang akan sering digunakan, untuk sering diperbanyak atau untuk di fotocopy lagi. Sebag jilid baut dapat dilepas dan dipasang kembali seperti semula. Jilid baut juga sangat cocok sebagai daftar menu / daftar restoran / rumah makan. Dengan menggunakan sistem jilid baut maka daftar menu akan lebih kelihatan ekslusif dan lebih elegant dan enak dilihat oleh pelanggan karena lebih rapi. Selain jasa penjilidan baut kami juga bisa mencetak isi daftar menu atau daftar restoran Anda dengan memakai bahan Art Paper 120 Gram, Art paper 150 Gram, Art Cartoon 230 Gram dan Art Cartoon 260 gram.
Silahkan hubungi nomor kontak kami yang ada di web ini dan sekedar bertanya saja kami akan senang melayani Anda.

Leave a Reply

%d bloggers like this: