JILID SOFT COVER

Published by cvnadagroup2015@gmail.com on

Kelebihan dan Kelemahan Jilid Soft Cover

Untuk kebutuhan mencetak, Anda tentu sering menjilid agar hasil cetakan bisa lebih rapi. Hal ini tentu sudah dikenal untuk membuat dokumen makalah tugas sekolah lebih mudah dikumpulkan. Untuk bentuk jilid yang paling umum, Anda tentu lebih sering menggunakan jilid soft cover.

Pilihan hardcover sering dihindari karena harganya yang mahal dan bahan cetakan yang dijilid tidak lebih dari 10 lembar. Nah, sebenarnya banyak orang tidak tahu apa sebenarnya yang membuat mereka memilih jilid dengan soft cover selain dua hal di atas. Untuk membantu Anda memahami kualitas dari jilid dengan soft cover ini, mari bahas kelebihan dan kelemahannya di bawah ini!

Kelebihan Jilid Soft Cover

Hal pertama yang membuat soft cover ini menjadi populer selain karena murah adalah prosesnya yang lebih mudah. Hard cover tentu membutuhkan proses lebih sulit karena berurusan dengan material yang lebih solid.

Coba bayangkan menggunakan jilid spiral antara hardcover dan softcover. Untuk kebutuhan hard cover, Anda harus melubangi material yang tebal dan terkadang terbuat dari bahan non-kertas. Anda tentu pernah melihat material hardcover dari kulit untuk buku yang benar – benar mahal. Nah, jika soft cover, ketebalan bagian depan akan mudah diproses walaupun bahannya cukup berbeda.

Kelebihan kedua adalah pada kemudahan aksesnya. Beberapa tempat fotocopy bisa melayani jilid dengan soft cover sederhana dengan kertas mika ataupun buffalo warna. Tapi disisi lain, mereka belum tentu bisa melayani jilid hard cover. Karena lebih mudah di akses, tentu saja, pilihan jilid ini lebih dipilih.

Selain itu, material soft cover bisa simple saja dengan menggunakan soft cover folio ataupun soft cover a1 akan sama mudahnya disediakan. Bandingkan saat Anda butuh hard cover A1, Anda pasti diminta membayar lebih mahal ataupun membutuhkan waktu lebih lama untuk dibuat.

Kelemahan Jilid Soft Cover

Walau memiliki banyak kelebihan daripada hard cover dari segi pembuatan, kualitas yang didapat tentu tidak akan sebanding. Material hard cover bisa tanda tersendiri bahwa konten dalam jilid ini penting.

Contoh saja saat mencetak skripsi. Anda tentu diharuskan mencetaknya dengan hard cover saat sudah jadi. Hal seperti ini tentu tidak perlu saat Anda mengumpulkan draft skripsi, tapi karena sudah menjadi produk tulisan penting, Anda tidak bisa sembarangan jilid hasil tulisan ini.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, soft cover memang bisa dipilih untuk kebutuhan cetakan yang umum. Tapi kualitas jilid soft cover tidak akan pernah bisa mengalahkan hasil cetakan hardcover. Jika Anda berurusan dengan dokumen penting, lebih baik dibuat hard cover agar lebih official!

audara/i bisa menghubungi kami sesuai Contact kami di bawah ini :

Alamat Workshop kami :

Nada Rawamangun Jakarta

Jl. Waru No. 26 C Rawamangun Jakarta Timur

Telpon : +62 21 2247 3945

HP/WA : 081387769575


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *